LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT PASPOR

Eh, ternyata sudah 2 tahun 4 bulan 1 hari blog ini gak pernah ditulis. lama juga ya, tapi aku punya alasan yang tepat, apalagi klo bukan karena aku malas hahahahhaha.

Niat buat ngisi blog ini lagi, ya karena akhir-akhir ini sering baca blog – blog yang lain, terutama blog tentang travelling, yang membuat ngiler, takjub atas semua yang telah mereka capai, tempat – tempat yang telah dikunjungi serta pengalaman2 hidup mereka selama travelling.

Nah, Paspor kan salah satu cara untuk mempermudah kita melihat negara tetangga. Cukup dengan paspor, kita sudah bisa keliling – keliling asia tenggara. Sebenarnya sudah dari tahun kemarin punya niat untuk bikin paspor, tapi ya namanya males, akhirnya gak jadi-jadi. Akhirnya demi menimbulkan keinginan untuk membuat paspor, kubelilah tiket Air Asia ke Singapura (dekat + murah). karena tujuannya hanya agar berniat bikin paspor, ke singapuranya hanya 3 hari 2 malam saja. Setelah tiket di tangan, barulah cari apa2 saja syarat yang harus di siapkan disini .

Untuk ngurus paspor, dapat dilakukan dimana saja, tanpa harus sama dengan KTP kita. Seperti saya, KTP saya di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, tapi saya ngurus Paspor di Bandar Lampung. Sebenarnya klo kita sudah menjadi warga negara yang baik, syaratnya tidak menjadi masalah hehehe. Syarat – syaratnya :

- Fotocopy KTP, oke

- Fotocopy Kartu Keluarga, ternyata Kartu Keluarga orangtua saya yang dari kampung daerah SUMUT sudah terlaminating sebelum ditandatangani bapak saya, syukurnya itu gak jadi masalah klo Fotocopy Kartu Keluarganya ditandatangani oleh Kepala Keluarga, lolos syarat kedua.

- Fotocopy Akte Kelahiran.

- Fotocopy ijazah SMA, karena katanya isinya lebih lengkap daripada Akte Kelahiran.

- Surat Rekomendasi atasan / kantor, tinggal minta ke SDM aja, terus dibuatin deh.

- Isi Formulir, klo di lampung kita harus beli Map seharga 15 Ribu di Koperasi Kantor Imigrasi.

Saya kesana hari jumat, syukurnya gak terlalu rame. kemudain ngambil nomor antrian untuk pemeriksaan berkas. Sebenarnya loketnya banyak, tapi yang pemeriksa dokumen hanya 1 saja, jadi agak lama juga nunggunya. Kemudian nomor saya di panggil, waktu di cek data yang saya bawa gak lengkap, tapi tetap diterima. Kekurangannya bisa dilengkapi waktu wawancara, Ok lah klo begitu.

Minggu berikutnya, saya datang lagi dengan membawa data yang kurang. Karena semua data kita harus di scan dulu ke sistem mereka, saya nunggu lagi. Beberapa menit kemudian, nama saya dipanggil terus ambil nomor antrian untuk bayar biaya pembuatan paspor. bayarnya hanya Rp. 255.000,- sesuai dengan tarif yang tersedia. Habis bayar, ambil nomor lagi untuk Foto + wawancara.

Nunggunya cukup lama juga, tapi ya namanya juga butuh, jadi harus S-A-B-A-R. jawaban untuk wawancara sudah di luar kepala, sesuai dengan yang sering kubaca di blog-blog lain. Akhirnya di Nomor saya dipanggil, Foto dulu. Seganteng2 nya persiapan sebelum berangkat, tetap aja luntur karena kelamaan nunggu hehehehe.

Kemudian wawancara, ternyata gak sesudah yang di pikirkan. mungkin karena dah mau istirahat siang juga kali ya, jadi cuma ditanya tujuan, trus si ibu curcol sedikit (muka saya emang mendukung untuk tempat curcol). terus disuruh tandatangan, dan selesai. Kemudian disuruh datang minggu berikutnya.

dan akhirnya paspornya jadi. Penampakannya :

Image

Sekarang tinggal ngumpulin duit buat beli tiket biar nih paspor ada manfaatnya :)).

Total Biaya untuk ngurus sendiri :

  • Map + Formulir = 15.000
  • Materai            = 6.000
  • Biaya paspor    = 255.000
  • Parkir 3X          = 3000
  • Bensin               = 15.000
  • Total = Rp. 294.000,-

Biar genap 300 Ribu, akhirnya beli 1 botol frestea (abaikan).

Di akhir postingan ini, saya hanya menyampaikan daripada kita ngurus Paspor lewat Calo yang bisa kena 500 – 600 ribu bahkan lebih, mending ngurus sendiri yang sudah terjamin murahnya. Klo ngurus sendiri, pengalaman bertambah, terus bisa sharing juga sama teman yang lain (BIJAK).

Semoga, postingan berikutnya tidak harus menunggu 2 tahun lagi :))

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s