Bahaya Minum kopi berlebihan….

a cup of coffeeSetiap hari saya pasti minum kopi, karna sepertinya tanpa minum kopi serasa belum punya nyawa. Biasanya sehari saya cuma minum 1 gelas kopi, maksimal 2 gelas kopi. tapi kemarin tidak biasanya saya minum 4 gelas kopi. Diawali dari tempat kos 1 gelas kopi, kemudian didalam kereta api dalam perjalanan ke surabaya, nyampe disurabaya langsung diajak ngopi oleh teman yang menjemput saya, kemudian nyampe ditempat teman disuguhin lagi kopi. Sebenarnya saya sudah menolak karena sudah merasa terlalu banyak minum kopi, tapi masalahnya teman saya itu langsung membuatkan kopi tanpa menanya terlebih dahulu. jadi karena tidak mau menolak terpaksa saya minum.  Akhirnya saya berpikir, apa akibatnya kalau minum kopi kebanyakan. akhirnya saya coba nyari di http://www.Kompas.com.

~ Porsi

Meskipun belum ada penelitian berapa jumlah kopi yang boleh diminum per harinya, namun kebanyakan penelitian mengungkapkan, minum 300mg kafein (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak akan memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat.

apakah ini berarti kalau minum 4 gelas atau lebih akan memberikan efek negatif?

~ Kenali Tanda Bahaya!

Sebaiknya kenali kapan harus minum kopi. Misalnya, jika mulai merasa gelisah, jantung berdebar, gangguan mood (misalnya, cepat marah), atau tidak dapat tidur sepanjang malam.

Saya ngalamin susah tidur, akhirnya saya minum air putih banyak, kemudian saya keringatan. setelah itu saya baru bisa tidur.

~ Kenali Kandungan kafein

Setelah mengetahui porsi dan tanda bahaya kopi pada tubuh anda, ada baiknya Anda juga mengetahui kandungan cafeine dalam produk-produk yang sering dikonsumsi. Beberapa produk lain yang mengandung kafein misalnya softdrink, permen kopi, teh, cokelat, dan obat sakit kepala.

Dari penelitian lain, kopi decaf (kopi tanpa kafein) kemudian amat disarankan bagi mereka yang mengalami obesitas, karena dapat meningkatkan HDL (kolesterol “baik”) dalam darah sampai sekitar 50 persen. Sedangkan bagi mereka yang tidak mengalami obesitas, justru dapat menurunkan HDL yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

~ Coffe Mix

Tahukah Anda, 5 mg kalsium akan hilang, lho, untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun, kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol menjadi kurang baik, terutama bagi orang dengan gangguan hati. Dan campuran kopi dengan krim juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori berlebih.

3 responses to “Bahaya Minum kopi berlebihan….

Leave a Reply

